Temperatur dan variabilitasnya

Seperti sudah dijelaskan pada file sebelumnya, gerak semu matahari dari 23,5o LU sampai dengan 23,5o LS menyebabkan berbagai hal. Salah satu dampaknya adalah tingginya temperatur di wilayah tropis. Di sisi yang lain curah hujan menjadi banyak terjadi di wilayah ini juga karena penguapan  tinggi. Kombinasi temperatur dan curah hujan ini bisa digambarkan menjadi klimogram dimana bila kita ambil suhu rata-rata sebagai ordinat dan curah hujan sebagai absis maka akan terbentuk pola lonjong mendatar untuk wilayah tropis sedangkan di wilayah luar tropis akan berbentuk lonjong vertikal.
Profil vertikal temperatur di ketiga wilayah di dunia ini, yang saya maksud adalah wilayah tropis, lintang tengah, dan lintang polar, maka akan terlihat bahwa untuk wilayah lintang tengah dan polar, sampai dengan ketinggian tertentu mempunyai lapse rate yang hampir sama atau seragam. Bila dibandingkan dengan wilayah tropis, lapse rate luar tropis ini lebih besar. Hal ini dapat ditunjukkan dalam gambar berikut ini.

http://code7700.com/weather_tropopause.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ENTRI UNGGULAN

Webinar Refleksi Bencana Hidrometeorologi

  Sambutan webinar “Refleksi bencana hidrometeorologis 2023 dan peluangnya di tahun 2024” Para senior yg saya hormati, Para pembicara we...

POSTINGAN POPULER