Buku besutan tentang meteorologi tropis

Bumi dan atmosfernya merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan. Selubung gas yang menyelimuti bumi memengaruhi kehidupan manusia dengan berbagai cara. Radiasi matahari sebagai sumber energi memberikan pengaruh nyata melalui interaksinya dengan atmosfer dan permukaan bumi. Pantulan, hamburan, terusan, serapan merupakan proses-proses yang dialami oleh radiasi matahari ketika mencapai atmosfer bumi. Neraca radiasi yang ada, yakni antara radiasi matahari yang masuk dan yang keluar dari sistem bumi akan memengaruhi terbentuknya cuaca dan iklim. Kehadiran gas-gas rumah kaca yang melimpah di atmosfer seperti CO2, NOx, CH4, uap air dan ozon berdampak pada neraca radiasi, berakibat pada pemanasan atmosfer yang berimbas pada terjadinya perubahan iklim. Perubahan iklim telah menjadi issue global yang mendapat banyak perhatian dari para pemimpin di dunia sehingga menjadi agenda rutin Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) setiap tahunnya.
Itu adalah petikan dari buku "Cuaca, Musim dan Iklim Tropis" karanganku yang diterbitkan oleh Penerbit ITB dengan cover sebagai berikut:
Isinya yang ringan tetapi tidak mengesampingkan bobot ilmiahnya ini disampaikan dengan bahasa yang lugas dan mudah untuk dipahami oleh berbagai kalangan. Silahkan dipesan langsung ke Penerbit ITB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ENTRI UNGGULAN

Webinar Refleksi Bencana Hidrometeorologi

  Sambutan webinar “Refleksi bencana hidrometeorologis 2023 dan peluangnya di tahun 2024” Para senior yg saya hormati, Para pembicara we...

POSTINGAN POPULER